Waspada HOAX Jadilah Pembaca/Netizen yang Selektif - Kepoah.com - Info Kepo Hari Ini

Waspada HOAX Jadilah Pembaca/Netizen yang Selektif

Saturday, September 19, 2020

Waspada HOAX Jadilah Pembaca/Netizen yang Selektif

Selamat siang KEPOers, kali ini saya sedikit memberikan opini tentang bahayanya langsung percaya pada berita tanpa mencari tahu pada sumber yang benar-benar terpercaya. Topik ini tentunya berangkat dari keresahan saya pribadi, apalagi internet atau media daring sangat mudah diakses, sehingga berita apapun dapat dengan mudah tersebar. 


Menurut KBBI Hoax adalah berita bohong. Tentunya banyak hal negatif dari yang namanya HOAX seperti timnbulnya fitnah, dan itu secara tidak langsung memberikan hukuman pada orang yang belum tentu bersalah dan sangat berdampak pada kehidupan sosialnya, seperti dijauhi banyak orang, tidak lagi dipercaya, dicemooh dan lain-lain. Bayangkan tekanan seperti itu diderita oleh orang yang tidak bersalah, apa yang akan anda rasakan jika kalian berada di posisi tersebut. 


Ada sebuah permainan yang menarik dan mungkin kalian juga pernah memainkannya. permainan ini ialah menyampaikan sebuah kalimat dari satu orang ke orang lain di sebelahnya, hal menariknya adalah hingga sampai kepada orang terakhir kalimat yang diucapkan berbeda dengan kalimat yang pertama kali disampaikan. Itu artinya, kita tidak tau kapan kalimat tersebut berubah, dan bahkan siapa yang menyampaikannya. Jangan langsung percaya terhadap berita apalagi kita tidak tau sumber aslinya, dan fakta sebenarnya. 


Mungkin semua orang berpotensi sebagai pembuat HOAX, tentunya dengan alasan-alasan tertentu mereka melakukan hal tersebut. Sehingga jika kita tidak selektif, ketika menyebarkan berita tersebut kita telah membantu orang-orang tertentu yang menyeberkan hoax, untuk mencapai tujuan mereka. 


No comments:

Powered by Blogger.