Manfaat dan Mudharat ( Dampak Negatif ) Dari Penggunaan Smartphone - Kepoah.com - Info Kepo Hari Ini

Manfaat dan Mudharat ( Dampak Negatif ) Dari Penggunaan Smartphone

Manfaat dan Mudharat ( Dampak Negatif ) Dari Penggunaan Smartphone Android

Sekilas Tentang Smartphone

miacahyaning.blogspot.com
Siapa yang tak mengenal Smartphone, alat yang satu ini seakan alat yang menjadi kewajiban bagi setiap orang untuk memilikinya. Apalagi kalangan remaja, bahkan anak - anak sekalipun. Alat ini berkembang sangat pesat dalam segala hal, baik fitur, ketahanan, dapur pacu, desain atau yang lainnya.

Kini semua merek bersaing mengeluarkan gedget smartphone terbarunya. Dengan ketatnya persaingan, mendorong jumlah produksi pembuatan. Sehingga marak sekali di pasaran. Apalagi ditambah dengan keinginan orang yang selalu mau dengan hal yang baru dan lebih bagus dari sebelumnya. Ditambah dengan masyarakat yang ingin selalu eksis, dan banyak di kenal orang. Itu yang menyebabkan orang seakan wajib untuk memiliki smartphone.

Tercatat pada tahun 2010 sendiri 296.650.000 smartphone terjual diseluruh dunia. Bahkan pada tahun 2015 mencapai 1,4 miliar. Dengan jumlah yang semakin banyak dapat menimbulkan hal hal yang seharusnya kita sendiri lebih bijak dalam penggunaan smartphone baik dampak negatif atau manfaat yang bisa kita dapat.

         
Ada banyak sekali manfaat memiliki smartphone, tidak hanya telepon atau sms yang sering digunakan sebelumnya, tapi alat ini kini mempunyai manfaat beragam diantaranya :

 1. Membuat Lebih Pintar 


Hasil gambar untuk karikatur pintar
  dunianyaanakkita.blogspot.com
Smartphone bisa membuat kita lebih pintar dari sebelumnya, kenapa karena dengan alat ini kita bisa mencari sumber sumber atau ilmu yang kita perlukan, yang dengan mudah bisa kita dapatkan, seperti gimana cara membuat sesuatu,  atau bahkan pelajaran sekolah dan lain lain. Semua itu bisa kita akses dengan mudah melalui smartphone. 

2. Membuat Lebih Dekat

Alat ini juga bisa membuat seseorang lebih dekat dengan orang lain, yaitu dengan penggunaan media sosial, seperti facebook, twitter, path, instagram, dan masih banyak lagi. Apalagi dengan adanya kamera depan yang memungkinkan untuk bertatap muka antar yang satu dengan yang lain, yaitu dengan yang namanya video call.

3 Membuat Lebih Happy 

     Dengan kecanggihan smartphone sekarang, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh tentunya membuat kita menjadi lebih happy. Salahsatunya aplikasi atau permainan, dengan ini kita bisa berkreasi sesuai yang kita mau atau hobi yang kita punya. dalam hal photography, editing, dan lain - lain. Atau hanya mau memainkan game, yang tetntunya dengan banyaknya pilihan game yang bisa kita mainkan kita lebih leluasa mana yang mau kita pilih. 

4. Membuat Lebih Produktif

Dengan adanya smartphone bisa membuat kita menjadi lebih produktif, karena dengan alat ini kita menjadi bisa kerja dimana saja,


Dibalik semua keunggulan yang dimiliki smartphone, alat ini juga bisa menumbulkan dampak negatif, secara tidak langsung dapat terjadi pada kita apalagi jika kurang bijak dalam penggunaannya. 
Diantaranya :

1. Membuat Malas 
          
Dengan kurang bijaknya dalam penggunaan smartphone mungkin seseorang bisa menjadi malas, apalagi dengan fitur yang bisa membuat seseorang lupa waktu. Salahsatu diantaranya adalah membuka media sosial, atau bahkan membuka situs - situs pornografi sampai berjam jam, lama semakin lama, asik dan makin asik akhirnya lupa semuanya.

2. Dimanfaatkan Orang Jahat  

Dengan adanya kemudahan komunikasi, seseorang yang berniat jahat jadi lebih mudah untuk bisa saling mengobrol dengan "si mangsa". Banyak kasus-kasus kejahatan yang berawal dari media sosial. 

3. Membuat Lebih Jauh 

Selain membuat seseorang menjadi dekat dengan orang lain, tapi juga bisa membuat jadi lebih jauh, kenapa karena mungkin ada orang yang hanya fokus dengan smartphone yang dimilikinya sehingga lupa dengan orang yang ada disekitarya, bahkan disampingnya sekalipun. sehingga sosialisasi antarmasyarakat bisa berkurang dengan alat ini. yang jauh bisa jadi dekat, yang dekat mungkin bisa menjadi jauh. 

4. Membuat Risih 

Dengan pnggunaan smartphone khususnya di media sosial mungkin beberapa tidak suka dengan apa yang kita lakukan sehingga menumpahkan segala curahan hatinya kepada kita lewat media sosial. 

Itu hanya sedikit dari banyaknya manfaat dan dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh smartphone, tinggal gimana kita bisa bijak dalam penggunaannya.


Referensi :
www.et.co.id
www.klikmania.net

No comments:

Powered by Blogger.