contoh soal dan jawaban tentang animasi - Kepoah.com - Info Kepo Hari Ini

contoh soal dan jawaban tentang animasi

Wednesday, September 17, 2014

1. Menurut anda, apakah yang dimaksud dengan Animasi?

2. Animasi telah digunakan dalam berbagai bidang, jelaskan tentang hal tersebut?

3. Sebutkan jenis-jenis Animasi Stop Motion yang anda ketahui!

4. Apa yang anda ketahui tentang CutOut Animation!

5. Apa yang anda ketahui tentang Puppet Animation, beri contohnya!

6. Apa yang anda ketahui tentang Piselated Movies/Animation?

7. Apa yang anda ketahui tentang Computer Animation?

8. Apa yang anda ketahui tentang Tweening/Inbetweening dalam animasi 2D?

9. Apa yang anda ketahui tentang Morphing dalam animasi komputer 2D?

10. Apa yang anda ketahui tentang Onion Skinning dalam animasi komputer 2D?

11. Jelaskan aspek Irama dalam pembuatan film Animasi?

12. Jelaskan tentang aspek Visual dalam pembuatan film Animasi?

13. Sebutkan kaidah-kaidah dalam pembuatan film animasi?

14. Jelaskan tentang Kaidah Gerakan Newton dalam pembuatan film animasi?

15. Jelaskan tentang Kaidah Penciptaan Gerak dalam pembuatan film Animasi?

16. Dalam Kaidah Pengaturan Waktu (timing), Menurut ragam pergerakannya, waktu pergerakan karakter dapat dibedakan menjadi 5, sebutkan?

jawaban






1. animasi = seni menampilkan sederatan gambar secara tepat yang memiliki sedikit perbedaan antara yang satu dengan yang lain dan seolah2 gambar tersebut menjadi hidup/bergerak.

2. animasi digunakan dalam berbagai bidang = bidang pendidikan, bidang kedokteran, bidang produksi perfilman, bidang kepolisian.

3. jenis2 stop motion = Claymation (animasi tanah liat), Animasi Boneka, Cut Out Animation, Pixelated Movies/Animation = Pixelation, Collage Animation (Animasi Kolase)

4. Cut-Out Animation = Obyek animasi dirancang, digambar pada lembaran kertas lalu dipotong sesuai dengan bentuk yang telah dibuat dan diletakkan pada sebuah bidang datar sebagai latar belakangnya.

5. Animasi Boneka / Puppet animation = Obyek animasi yang dipakai dengan boneka atau figur lainnya merupakan penyederhanaan dari bentuk alam benda yang ada dan mudah untuk digerakkan sewaktu melakukan pemotretan bingkai perbingkai seperti kayu, kain, lilin, kertas, tanah lempung. Contoh = Animasi Saun The Sheep.

6. Pixelated Movies = Pembuatan animasi dengan objek manusia sebagai media pembuatan animasinya.

7. Computer Animation = seni membuat gambar bergerak dengan menggunakan komputer.

8. Tweening atau inbetweening = proses pembuatan frame secara otomatis antara dua gambar yang berbeda untuk memberikan tampilan bahwa gambar pertama akan berubah menjadi gambar kedua. Perubahan ini dapat berupa perubahan bentuk atau perubahan koordinat.

9. Morphing = efek khusus dalam animasi yang berguna untuk mengubah (morph) satu gambar menjadi gambar lain dengan perubahan yang halus.






10. Onion skinning = teknik yang digunakan untuk membuat animasi kartun dan pengeditan video untuk melihat beberapa frame pada satu waktu.

11. Aspek Irama dalam pembuatan film animasi = Sebagai unsur penggerak emosi yang digunakan untuk menghanyutkan perasaan emosi penonton kepada suasana tegang, riang, bingung atau sakit.

12. Aspek Visual dalam pembuatan film animasi = Keberhasilan pembuatan film animasi sangat ditentukan oleh pemilihan gambar, karakter/tokoh, suasana, ilustrasi musik, narasi, efek suara, trik dan teknik perfilman yang digunakan.

13. Kaida-kaidah pembuatan film animasi = Kaidah Penciptaan Gerak, Kaidah Pengaturan Waktu (timing), Kaidah Sebab Akibat, Kaidah Gerakan Newton, Kaidah Gaya Gravitasi

14. Kaidah gerakan newton = Suatu benda atau karakter memiliki berat dan hanya bergerak jika dikenakan gaya, Perilaku yang ditunjukan oleh benda-benda dilayar serta efek yang ditimbulkan oleh beratnya, sangat tergantung pada cara mengatur jarak gambar-gambar animasinya (inbetween), bukan pada gambar itu sendiri, Sebagus apapun animator menggambar panah, akan tidak akan tampak seperti peluru kalau tidak menunjukan perilaku seperti panah sungguhan, demikian pula untuk gambar balon, maupun benda-benda atau karakter animasi lainnya

15. kaidah penciptaan gerak dlm animasi = Memanfaatkan suatu fenomena yang terjadi saat mata melihat obyek.

16. kaidah pengaturan waktu - munurut ragam pergerakannya - di bedakan menjadi 5 = Konstan, akselerasi, Deselerasi, Zero, Irregular


sumber:
http://separuhtulisanku.blogspot.com/

INFO 


No comments:

Powered by Blogger.